Senin, 05 Maret 2012

FADILAH MEMBACA SHOLAWAT


Membaca sholawat nabi sangat di anjurkan oleh agama Islam. Karena dalam bacaan Sholawat kita memanjatkan do'a-do'a untuk kebahagiaan dan keselamatan Nabi Muhammad SAW. Dengan sholawat kita juga akan memperoleh berkah dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.
Allah SWT menganjurkan setiap muslim untuk memperbanyak membaca sholawat dalam QS. Al-Ahzab :56 Allah berfirman:
56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi[1229]. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya[1230].

[1229] Bershalawat artinya: kalau dari Allah berarti memberi rahmat: dari Malaikat berarti memintakan ampunan dan kalau dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan:Allahuma shalli ala Muhammad.
[1230] Dengan mengucapkan Perkataan seperti:Assalamu'alaika ayyuhan Nabi artinya: semoga keselamatan tercurah kepadamu Hai Nabi.

Membaca sholawat tidak saja merupakan ibadah tapi juga merupakan ungkapan syukur kita diutusnya Nabi Muhammad SAW. Karena dialah yang menjadi nabi penutup dan Rosul yang membawa risalah Islam sebagai sempurna untuk di jadikan pedoman hidup bagi kebahagiaan manusia. Oleh karena itu, setiap muslim dianjurkan memperbanyak sholawat. Bagi kalangan nahdiyin (warga NU), hal itu biyasa dilakukan pada acara jam’iyah atau berzanji. Dengan jam’iyah tersebut kita dapat kesempatan untuk memperbanyak sholawat karena isi dan bacaan berzanji adalah sholawat nabi.
Nabi muhammad SAW. Sangat mencintai orang-orang yang suka membaca sholawat atas dirinya, bahkan menurut sebuah hadits bahwa orang tidak membaca sholawat ketika mendengar nama nabi maka ia termasuk orang kikir. Allah SWT juga melipat gandakan pahala orang yang membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW.:

“Barang siapa yang membaca sholawat atasku satu kali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali”

Betapa besar nilai dan pahala membaca sholawat. Maka seyogyanya kita warga NU kita selalu membaca dibaan dan berzanji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar